Kamis, 19 November 2009

ada air lo dibulan

NASA Temukan Air di Bulan

Senin, 16 November 2009 16:20 WIB

Kita semua tahu bahwa air merupakan sumber kehidupan. Manusia dan semua mahkluk hidup tidak mungkin hidup tanpa air. Itulah yang membuat bumi begitu penting bagi manusia, karena di sini tersedia cukup air untuk manusia hidup.

Ketika beberapa hari lalu, Lembaga Antariksa AS (NASA) menemukan adanya air dalam jumlah yang cukup di bulan, maka muncullah harapan bagi adanya kehidupan di luar bumi. Para ahli kini tertantang untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang kemungkinan tersebut.

Antusiasme tampak dari wajah para peneliti NASA ketika mendapatkan informasi baru tersebut. Pada tahap awal mereka akan merancang pembangunan stasiun yang lebih permanen di bulan.

Selama ini penempatan astronot di bulan tidak bisa berlangsung lama karena tidak cukupnya ketersediaan air. Misi penerbangan selalu dibatasi pada jumlah air yang dibawa dari bumi.

Terbayang sebuah masa depan yang lebih penuh harapan ketika bisa diketahui jumlah air yang tersedia di bulan. Apalagi semakin hari teknologi penerbangan luar angkasa semakin bisa diandalkan. Rusia bahkan sudah menjual tur perjalanan ke luar angkasa.

Model bagi adanya kehidupan di luar bumi sudah digambarkan dalam banyak film fiksi. Salah satunya adalah serial James Bond "Moonraker" yang menceritakan bagaimana manusia ke depan tidak hanya akan tergantung pada bumi.

Bumi sendiri sekarang ini menanggung beban yang luar biasa. Kemajuan yang tidak diikuti dengan kesadaran untuk mengelola lingkungan dan menciptakan kehidupan di bumi yang berkelanjutan, akhirnya berdampak kepada manusia sendiri. Pemanasan global akibat pembuangan CO2 membuat bumi lebih panas dari sebelumnya. Akibatnya, es-es yang ada di kutub mulai mencair. Dampak langsungnya, permukaan air laut semakin meninggi dan tidak lama lagi banyak pulau-pulau dan daratan di bumi yang akan hilang.

Konferensi Tingkat Tinggi tentang Bumi di Copenhagen, Denmark bulan depan menjadi penentu bagi seluruh umat manusia untuk menyelamatkan tempat kita sekarang hidup ini. Dibutuhkan perubahan perilaku yang luar biasa, termasuk pengembangan teknologi ramah lingkungan secara besar-besaran apabila kita menginginkan bumi yang nyaman untuk ditempati.

Sambil kita terus memperbaiki diri di bumi, kita harus terus melakukan eksplorasi terhadap planet-planet lain yang ada di tata surya ini. Tidak boleh ketinggalan tentu adalah putra-putra bangsa Indonesia.

Oleh karena persoalan internal, kadang kita terlalu peduli dengan semua tantangan besar yang ada di depan. Boro-boro memikirkan bulan, mengurusi listrik saja tidak mampu. Jelas-jelas begitu banyak rakyat yang dirugikan, pengusaha kecil dan menengah yang kena dampaknya, pemerintah masih berdalih pemadaman listrik tidak mengganggu kegiatan usaha. Pemerintah tidak akan memberikan insentif apa pun sebagai kompensasinya.

Ketika urusan kecil saja tidak mampu ditangani secara benar, bagaimana kita bisa mengharapkan kita bisa menangani hal yang lebih besar. Apalagi sebuah pandangan yang jauh ke depan, menemukan tempat kehidupan baru di luar bumi.

Inilah yang harus membangun kesadaran kita bersama agar kita lebih cepat meningkatkan kualitas diri kita. Untuk itu kita harus segera menyelesaikan semua pekerjaan rumah yang kita miliki, agar bangsa ini bisa ikut dengan bangsa-bangsa lain untuk melompat jauh ke depan.

Tdaklah mungkin energi bangsa ini bisa dipakai untuk memikirkan yang lebih besar apabila kecompang-campingan masih dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Sistem hukum yang korup tidak juga segera dibenahi. Masyarakat malah dibiarkan untuk saling bentrok di tengah ketidakpastian.

Kita ingin mengatakan bahwa bangsa ini mempunyai potensi untuk sejajar dengan bangsa lain. Termasuk dalam pengeksplorasi ruang angkasa, kita bukan hanya memiliki badan yang bertanggung jawab untuk menangani masalah itu, tetapi juga ahli-ahlinya. Hanya saja kita tidak pernah memperhatikan semua potensi yang ada itu.

Segala macam potensi hanya akan menjadi potensi apabila tidak pernah diasah dan diberi tantangan. Kita tidak akan pernah bisa melompat jauh ke depan, apabila pemerintah tidak pernah menyentuhnya.

Semoga apa yang sudah dilakukan para peneliti NASA menyadarkan para pemimpin bangsa untuk punya pikiran besar. Bahwa seluruh bangsa sedang berlomba untuk menjadi yang terunggul dan kita harus menjadi bagian bangsa yang unggul tersebut.

intarto, Kamis, 5-November-2009

The water can to form with oksigen and hidrogen .Water can to make with Air Codisioner (A C). In order to AC motion with Power Sun/Panel Silicon + Accumulator or Genset .To make container water with tub. Method else makewater in Moon with method use Coldcase (ice case).Good trying. Name :intarto, Address:Mutiara Gading,Bekasi,Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar